Mengenal 3 Jenis Alat Kesehatan Di Rumah Sakit !

Jika kita berkunjung ke rumah sakit, pastinya anda akan jumpai beragam alat kesehatan yang ada di berbagai ruang di rumah sakit. Tahukah anda, ada berpa jumlah alat – alat kesehtan atau alat medis di rumah sakit tersebut ? Tentu saja tidak, karena sangat banyak.

Namun setidaknya kita bisa kelompokan alat – alat yang ada di rumah sakit menjadi tiga macam yaitu alat elektromedik, non elektromedik dan alat diagnostic in vitro. Mau tau penjelasan ketiga alat tersebut dan juga contohnya ?

3 Jenis Alat Kesehatan Rumah Sakit Dan Contohnya

1. Alat Elekteromedik

Alat Elektromedik yaitu alat – alat medis yang dalam proses operasinya menggunakan tenaga listrik atau membutuhkan energi listrik baik berupa baterai ataupun menggunakan catu daya (adaptor) yang terhubung ke listrik PLN. Contoh alat ini cukup banyak, karena memang di rumah sakit banyak alat – alat elektromedik. Diantara alat tersebut adalah pasien monitor, defibrillator, ecg, usg, syringe pump, suction pump dan alat lain sejenisnya.

2. Alat Non Elektromedik

Non Elektromedik merupakan kebalikan dari alat elektromedik yait alat – alat medis yang bisa dioperasikan tanpa menggunakan tenaga listrik atau tanpa bantuan energi listrik. Alat – alat non elektromedik kebanyakan disebut dengan alat manual. Contoh alat ini juga sangat banyak, dan umumnya merupakan alat – alat medis sekali pakai. Yaitu hanya digunakan sekali saja. Tapi walapun demikian, ada juga alat – alat yang lainnya. Contohnya seperti stetoskop, tensimeter air raksa, alat ukur tinggi badan, timbangan obat (neraca), alat suntik, alat infus dan lain sebagainya.

2. Alat Diagnostic In Vitro

Selanjutnya, yaitu alat – alat diagnostic in vitro. Alat ini memiliki spesifikasi fungsi yang khusus yaitu untuk mendiagnosa penyakit. Alat ini bisa berasal dari alat non elektromedik atau alat elektromedik, namun umumnya kebanyakan merupakan alat – alat elektromedik. Karena sudah menggunakan teknologi mikro komputer yang tidak bisa bekerja tanpa energi listsrik. Contoh alat ini seperti alat uji kimia darah atau Chemistry Analyzer, Hematology Analyzer, Spiromter dan lain sejenisnya.

Setidaknya itulah 3 jenis alat – alat kesehtan yang ada di rumah sakit dan klinik. Alat – alat tersebut bisa diperoleh dengan membeli di distributor alat kesehatan di seluruh Indonesia. Atau anda bisa beli langsung secara online di website salah satu suplyer alat kesehatan online glorya medica.