Tips Cara Agar Cepat Hamil

Hamil dan memiliki anak adalah dambaan bagi semua pasangan yang sudah menikah. Untuk itulah, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara agar cepat hamil. Simak baik-baik ya.

Kenali Siklus Haid Anda

Cara agar cepat hamil yang pertama adalah Anda harus mengenali siklus haid. Yang dimaksud dengan siklus haid adalah jumlah hari dari hari pertama haid hingga hari pertama haid di periode selanjutnya. Dengan mengetahui siklus haid Anda, maka Anda bisa mengetahui masa subur Anda sehingga saat Anda sedang berhubungan intim saat masa subur, maka hal itu akan memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan. Siklus haid wanita terbagi menjadi 2, ada wanita yang memiliki siklus haid pendek, namun ada juga yang memiliki siklus haid panjang. Panjang atau pendeknya siklus haid tersebut tergantung pada masing-masing orang. Wanita yang memiliki siklus haid 28 hari, maka dia akan memiliki 6 hari masa subur, yakni 5 hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat terjadinya ovulasi. Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur dari indung telur, sehingga apabila terdapat sperma yang masuk pada periode ini, maka kemungkinan hamil itu akan tinggi.

Hitung Masa Subur Anda

Cara agar cepat hamil yang kedua adalah menghitung masa subur. Untuk menghitung masa subur sebetulnya susah-susah gampang. Namun perhitungan di bawah ini cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah.

  • Apabila Anda memiliki siklus haid pendek, maka dikurangi 18 hari. Misalnya saja siklus paling pendek adalah 27 hari, dikurangi 18, maka hasilnya adalah 9. Hari ke 9 inilah adalah hari pertama masa subur Anda.
  • Apabila Anda memiliki siklus haid yang panjang, maka dikurangi 11. Misalnya siklus paling panjang adalah 30 hari, dikurangi 11, maka hasilnya adalah 19. Hari ke 19 inilah hari terakhir masa subur Anda.

Nah, hari di antara hari ke 9 dan hari ke 19 itulah merupakan masa subur Anda dengan kemungkinan terjadinya kehamilan sangat tinggi.

Amati Lendir Serviks Yang Keluar

Cara agar cepat hamil yang ketiga adalah mengenali jenis lendir serviks yang keluar. Lendir serviks yang keluar pasca haid bisa Anda gunakan untuk menandai bahwa Anda berada dalam masa subur atau tidak. Lendir serviks pada setiap periode akan selalu berbeda-beda tekstur dan warnanya. Jumlah cairan yang keluar juga akan tergantung pada tingkat hormon di dalam tubuh. Sehingga dengan mengetahui kemunculan lendir serviks ini, maka Anda bisa memprediksi apakah Anda berada dalam masa subur atau tidak. Anda bisa mengetahui munculnya lendir serviks ini dengan menggunakan tisu atau jari untuk mencapai posisi serviks. Demikian beberapa informasi terkait dengan cara agar cepat hamil. Semoga bermanfaat.